Pengenalan Produk Perikanan : Abon Ikan Tongkol sebagai Alternatif Bahan Pangan yang Bergizi

  • Aug 05, 2023
  • Tim II KKN UNDIP 2022/2023

Selokarto, Batang-Pada 24 Juli 2023, Diadakan sosialisasi dengan pengenalan produk abon ikan tongkol oleh salah satu mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2022/2023. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Desa Selokarto kepada ibu-ibu PKK. Tujuan adanya kegiatan pengenalan produk abon ikan tongkol yaitu agar para ibu rumah tangga dapat meningkatkan konsumsi ikan yang membantu memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh. Masalah stunting yang cukup tinggi di Desa Selokarto menjadi masalah yang harus ditangani dengan cepat sehingga masyarakat Desa Selokarto membutuhkan pola hidup yang lebih sehat, salah satu langkahnya yaitu dengan konsumsi makanan yang bergizi. 

  Bahan baku yang memanfaatkan ikan tongkol dinilai mudah diperoleh dengan harga yang cukup terjangkau. Ikan tongkol yang sudah di pindang dapat ditemukan di pedagang ikan Pasar Salam, Desa Selokarto. Hal tersebut mendukung produk ini dibuat oleh masyarakat di Desa Selokarto. Selain itu, cara pembuatan abon ikan tongkol yang cukup sederhana dan menggunakan bahan tambahan pangan berupa rempah-rempah serta tekstur yang cukup halus dapat disukai semua kalangan usia. Penggunaan rempah-rempah dapat menghilangkan bau amis pada ikan yang biasanya dijadikan alasan masyarakat untuk tidak menyukai ikan. 

  Cara pembuatan produk ini dilakukan dengan beberapa tahap yaitu pengukusan, pengambilan daging tanpa duri, menumis bumbu halus, dan memasak abon ikan tongkol hingga kering dan berwarna coklat keemasan. Abon ikan tongkol ini juga diharapkan dapat menjadi pilihan lauk lain apabila bosan mengonsumsi daging ayam ataupun sapi dan menjadi ide bisnis masyarakat. Produk ini dapat disimpan dalam wadah yang tertutup selama 1 minggu di suhu ruang. Pemanfaatan hasil perikanan dapat ditingkatkan dengan pembuatan produk ini mengingat negara Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki hasil perikanan yang melimpah. 

 

Penulis : Mariane Rosalina ( Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro 2023)