BALAI DESA SELOKARTO SEKARANG PUNYA RUANG BACA: Program Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2023 berhasil terlaksana

  • Aug 05, 2023
  • Tim II KKN UNDIP 2022/2023

(27/07/2023) Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II Universitas Diponegoro (UNDIP) 2022/2023 Desa Selokarto, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang berhasil melaksanakan program monodisiplin yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Desa Selokarto, khususnya remaja dan anak-anak. Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, Safiratuzzahrah (mahasiswa jurusan Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya) menjalankan program SECA atau "Selokarto Membaca," sebuah pojok baca yang diharapkan dapat menjadi tempat inspiratif dan menyenangkan untuk membaca.

Program SECA didirikan di sebuah lokasi strategis yakni di Balai Desa Selokarto, yang mudah diakses oleh masyarakat, khususnya para remaja dan anak-anak. Pojok baca ini diisi dengan berbagai koleksi buku bacaan yang disesuaikan dengan berbagai usia, mulai dari buku cerita anak hingga bacaan remaja yang menarik dan mendidik. Selain itu, ruangan ini dilengkapi dengan banner menarik, serta ventilasi udara yang baik sehingga ruangan terasa sejuk. Hal ini diharapkan dapat menciptakan atmosfer yang menyenangkan dan menarik bagi masyarakat untuk mengeksplorasi dunia literasi.

Program SECA menerima sambutan positif dari masyarakat Desa Selokarto. Kehadiran program ini memberikan peluang bagi mereka untuk memperluas wawasan dan membuka pintu untuk pengetahuan baru melalui membaca. Selain itu, program ini juga telah meningkatkan rasa kebersamaan dan semangat gotong royong dalam masyarakat, karena dikelola secara bersama-sama oleh mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2022/2023 warga, serta perangkat desa. Keberhasilan program SECA menunjukkan bahwa upaya kolaboratif dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat dalam menghadapi berbagai tantangan dalam dunia literasi.

Penulis : Safiratuzahra (Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro 2023)